Selasa, 17 November 2009

Lele Sangkuriang Tembus Pasar Dunia

Legenda Sangkuriang kini telah diabadikan menjadi spesies ikan lele. Jenis ikan yang diperkirakan mampu bertahan dari berbagai virus ternyata mampu menembus pasaran dunia. Persilangan genetika induk betina dengan jantan ke enam ternyata mampu menghasilkan benih ikan lele unggulan. Dari persilangan itulah, maka ikan lele jenis ini kerap disebut ikan Lele Sangkuriang.


Keunggulan jenis ikan lele dari hasil penangkaran Balai Budi Daya Air Tawar (BBAT) Sukabumi itu, ternyata lebih menguntungkan para peternak. Ikan lele ini, perkembanmgan lebih cepat dibandingkan jenis ikan lainnya. Para petani bisa memanen ikan lele dalam usia dua bulan.

Selain itu, lele Sangkuriang diyakini dari hasil analisis BBAT mampu bertahan hidup dari serangan virus. Penyakit yang kerap membayang-bayangi usaha para petani selalu menjadi problematikan usahanya.

“Jenis ikan lele Sangkuriang ini lebih tahan penyakit. Karena itu petani mulai melirik mengembangkanbiakan jenis lele Sangkuriang di kolam-kolamnya. Para petani yang sebelum kerap dikesalkan dengan penyakit dan jamur mulai serius memelihara Sangkuriang untuk mengembangkan usahanya,” kata Ahmad Jauhar ketua kelompok Ikan Balai Budi Daya Air Tawar kepada “PRLM”, Sabtu (31/1).

Walaupun bentuk ikan lele sejenis dengan lele dumbo. Namun dari ukuran dan kelezatan ikan lele Sangkuriang jauh berbeda. Lele ini lebih gurih dan memiliki ukuran lebih besar dibandingkan jenis lele lainnya. “Bila dimasak ikan ini lebih gurih. Apalagi dagingnya lebih tebal dibandingkan jenis ikan lainnya,” tukas Ahmad Jauhar. (A-162)***

Sumber :
http://www.pikiran-rakyat.com/index.php?mib=news.detail&id=56411
31 Januari 2009

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar